clicksor

Reviewmu.com

Reviewmu.com

Rabu, 07 Maret 2012

Artikel 2 - Hubungan E-Business dengan E-Government, E-Commerce, E-Learning

Hubungan E-Business dengan E-Government, E-Commerce, E-Learning
       Untuk mengetahui hubungan e-business dengan e-government, e-commerce,e-learning dapat diperoleh dengan cara memfilter istilaah-istilah tersebut menggunakan istilah e-business yang telah ditetapkan sebelumnya. Arti istilh-istilah tersebut harus diketahi terlebih dahulu, kemudian melihat kesesuaian antara definisi nya dengan e-business. Dari situlah kita dapat melihat hubungan di antara keduanya.

        1. E-Government 
          E-Government (EG) mengacu kepada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk  bertukar informasi dan pelayanan kepada penduduk, perusahaan-perusahaan, dan pemerintahanlainnya. Bentuk e-government ada 4 macam, yaitu government-to-customer, government-to- business, government-to-employees, dan government-to-government.E-Government dilakukan oleh pemerintah dan menggunakan teknologi informasi. Teknologiinformasi tersebut digunakan untuk mendukung proses bisnis-nya berupa pertukaran informasidan pelayanan kepada penduduk, perusahaan, dan pemerintah lainya. E- Government dapatmemberikan keutungan berupa kemudahan dalam pembuatan KTP, pembayaraan pajak, penyediaan data demografi, dan sebagainya. E-Government adalah e-bisnis yang dilakukan oleh pemerintah untuk menjalankan proses bisnisnya, yaitu pemerintahan dan layanan masyarakat.

       2. E-Commerce
           E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya.E-Commerce adalah bagian dari e-business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama beruapa pembelian dan penjualan.

       3. E-Learning 
      E-Learning adalah istilah payung yang menggambarkan pembelajaran yang dilakukanmenggunakan komputer, biasanya terkoneksi dengan jaringan, dan memberikan kita kesempatanuntuk belajar hampir setiap waktu, di mana pun.E-Learning dapat menjadi bagian dari e-business jika pembelajaran menjadi salah satu proses bisnis utama dari organisasi. Misalnya, perusahaan yang menyediakan e-learning bagi pembelajaran karyawan pada intranetnya. Contoh yang lain, Cisco Systems yang membukakelas online. Cisco dalam satu tahun dapat menghasilkan 16 Dollar untuk setiap 1 Dollar yang dihabiskan pada program e-learning.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Golith Lie9ha