clicksor

Reviewmu.com

Reviewmu.com

Minggu, 13 Mei 2012

Cara Menginstal CMS Zen-Cart di localhost


Cara Menginstal CMS Zen-Cart
            Sebelumnya siapkan terlebih dahulu alat-alat pendukung nya seperti file zen-cart itu sendiri dan komputer anda telah terinstal XAMPP jika belum anda download file nya disini , berikut cara nya jika sudah terinstal XAMPP :
v  1. Pastikan file zen-cart nya sudah di ekstrak, lalu copy / cut (sesuai keinginan anda) file hasil ekstrakan tadi ke C:xampp/htdocs (tergantung anda menyimpan instalan xampp nya) dan jangan lupa pastikan XAMPP telah running.
v  2. Buka browser (mozilla atau sebagai nya) lalu ketik URL nya localhost/phpmyadmin tekan enter . Setelah itu pilih BATABASE dan buat database anda lalu create.
v  3. Setelah itu selesai langsung saat nya instalasi zen-cart dimulai, ketik di browser URL nya localhost/zencart (nama folder di htdocs harus sama dengan yang di ketikan di browser , jika anda telah mengubah nama folder nya maka tinggal di sesuaikan saja).





v  4. Klik zc install/index.php
v  Lalu muncul halaman pertama di baca lalu klik continue

 

v  5. Linsensi beri titik lalu klik continue





v  6. Kemudian klik install untuk menginstal zencart





v  7. Muncul form database connetion . Dimulai dari type database yang akan anda gunakan karena kita menggunakan MySql maka pilihlah MySql pada type database.
Selanjutnya masukanlah database hostnya karena saya menggunakan localhost jadi database hostnya saya isikan localhost namun bila anda telah mengupload zen-cart pada webhosting maka sesuaikan database hostnya dengan database host yang diberikan oleh webhosting..
             Langkah berikutnya adalah isikan database username dan passwordnya disesuaikan dengan password database anda...
Berikutnya isikan database namenya dimana database namenya disesuaikan dengan nama database yang harus sudah anda buat terlebih dahulu pada phpmyadmin (mysql) disini saya menggunakan nama databasenya yaitu zencart..
              Berikutnya untuk Store Identifier(Table-Prefix) anda bisa mengisikannya ataupun mengosongkannya karena sifatnya opsional..
Kemudian pilihlah opsi pada database sessionsnya jika anda tidak yakin atau bingung akan hal tersebut pilih saja Yes..
             Untuk Sql Cache Methodnya biarkan dalam kondisi None..
Dan Session/SQL Cache Directory biarkan pada kondisi defaultnya saja kemudian klik Save Database Settings yang kemudian nantinya akan tampil seperti gambar berikut ini :









v  8. Gambar diatas menunjukan bahwa zen-cart sedang melakukan proses pembuatan table yang dibutuhkan pada database yang anda gunakan.. setelah itu akan tampil halaman seperti tampil pada gambar berikut :

v  9. Halaman ini merupakan halaman untuk melakukan seting pada system zen-cart..
Untuk Server/Site Settings biarkan pada kondisi defaultnya..
Pada bagian SSL Detailnya isikan hanya bila anda memiliki SSL Certificate..
Jika tidak biarkan dalam kondisi defaultnya.. kemudian Klik lah tombol Save System Settings..
Kemudian akan tampil halaman untuk mengatur seting phpBB seperti tampil pada gambar berikut :

v  10. Zen-cart menanyakan pada anda apakah anda ingin menginstal sebuah forum dengan menggunakan phpBB pada toko online anda..
Jika anda ingin mengaktifkannya pilih opsi yes lalu tentukan directory/folder anda menyimpan forum tersebut.

1 komentar:

nelasannela mengatakan...

permsisi min, mau tanya , waktu create data base import data base juga gak min. trus untuk pada saat muncul form database kok pilihan type data base nya gak ada yg mysql ya?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Golith Lie9ha