Nilai dan Manfaat yang ditawarkan E-bisnis terdiri dari berbagai aspek yaitu :
1. Aspek efisiensi (biaya)
2. Aspek efektifitas (operasi)
3. Aspek jangkauan (wilayah)
4. Aspek struktur (industri)
5. Aspek peluang (pasar)
2. Aspek efektifitas (operasi)
3. Aspek jangkauan (wilayah)
4. Aspek struktur (industri)
5. Aspek peluang (pasar)
Penjelasan
1. Aspek efisiensi
Manfaat paling cepat yang dapat diperoleh perusahaan yang terjun dalam E-bisnis adalah perbaikan tingkat efisiensi.
Dengan dimanfaatkannya teknologi informasi di dalam berbagai rangkaian bisnis sehari-hari, maka akan terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional yang biasa dikeluarkan tersebut.
Lihatlah bagaimana dengan:
a. Email dapat mengurangi biaya komunikasi dan pengiriman dokumen.
b. Call center dapat mengurangi biaya pelayanan pelanggan.
c. Website dapat mengurangi biaya marketing dan public relation.
d. VoIP dapat mengurangi biaya telekomunikasi.
e. Decision support system dapat mengurangi biaya rapat dan diskusi, dan lain-lain.
a. Email dapat mengurangi biaya komunikasi dan pengiriman dokumen.
b. Call center dapat mengurangi biaya pelayanan pelanggan.
c. Website dapat mengurangi biaya marketing dan public relation.
d. VoIP dapat mengurangi biaya telekomunikasi.
e. Decision support system dapat mengurangi biaya rapat dan diskusi, dan lain-lain.
2. Aspek Efektifitas
Manfaat ini dapat dirasakan ketika terjadi perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam cara perusahaan melakukan aktivitas operasional sehari-hari.
a. Lihatlah bagaimana dengan dimanfaatkan e-technology perusahaan dapat berhubungan dengan pelanggannya secara nonstop 24 jam.
b. Demikian pula dengan diterapkannya konsep e-supply chain, maka manajemen dapat menaikkan tingkat layanan kepada pelanggannya.
c. Contoh efektifitas yang lain adalah meningkatnya kualitas pengambilan keputusan dari manajemen karena diimplementasikannya aplikasi ERP.
3. Aspek Jangkauan
Teknologi elektronik telah memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan. Dengan menghubungkan diri ke internet, berarti perusahaan secara tidak langsung telah menghubungkan dirinya dengan ratusan juta calon pelanggan yang tersebar di berbagai belahan dunia.
Kemampuan ekspansi yang sedemikin mudah (menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal, tentu saja merupakan keuntungan yang tidak ternilai harganya bagi sebuah perusahaan. Teknologi online memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan domain kerja sama dengan mitranya secara signifikan.
Untuk pertama kalinya di dunia, berbagai perusahaan-perusahaan skala besar, menengah, dan kecil dengan mudahnya dapat saling berkolaborasi dan bekerja sama untuk menciptakan produk maupun pelayanan yang semakin baik, tanpa harus memikirkan batasan geografis maupun menyediakan sumber daya finansial yang sangat besar.
4. Aspek Struktur
Berbagai produk maupun jasa baru tercipta akibat berkonvergensinya berbagai sektor industri yang selama ini secara struktur terlihat berdiri sendiri.
Contoh:
a. Buku dapat dijual dengan cara lelang.
b. Bank virtual yang berfungsi pula sebagai penasehat keuangan.
c. Paket liburan yang telah lengkap mengemas transportasi, hotel, dan lokasi wisata.
d. Toko buku yang berfungsi pula sebagai perpustakaan, dll.
Contoh:
a. Buku dapat dijual dengan cara lelang.
b. Bank virtual yang berfungsi pula sebagai penasehat keuangan.
c. Paket liburan yang telah lengkap mengemas transportasi, hotel, dan lokasi wisata.
d. Toko buku yang berfungsi pula sebagai perpustakaan, dll.
5. Aspek Peluang
Peluang terbuka lebar bagi pelaku bisnis untuk berinovasi menciptakan produk-produk atau jasa-jasa baru akibat selalu diketemukannya e-technology bary dari masa ke masa.
Berbagai jenis model bisnis baru selalu ditawarkan oleh beraneka ragam situs yang berkembang dengan pesat di internet.
Contoh:
Bidang pendidikan: e-school, e-tranining, e-learning.
Bidang keuangan: e-banking, e-stock exchange, dan e-insurance.
Bidang manufaktur: e-pricurement, e-logistics, e-dustribution, dan e-inventory, dll
Contoh:
Bidang pendidikan: e-school, e-tranining, e-learning.
Bidang keuangan: e-banking, e-stock exchange, dan e-insurance.
Bidang manufaktur: e-pricurement, e-logistics, e-dustribution, dan e-inventory, dll
0 komentar:
Posting Komentar