clicksor

Reviewmu.com

Reviewmu.com

Minggu, 13 Mei 2012

Cara Menginstal CMS Mambo di localhost


Cara Menginstal CMS Mambo
            Sebelumnya siapkan terlebih dahulu alat-alat pendukung nya seperti file mambo itu sendiri dan komputer anda telah terinstal XAMPP jika belum anda download file nya disini , berikut cara nya jika sudah terinstal XAMPP :
v  1. Pastikan file mambo nya sudah di ekstrak, lalu copy / cut (sesuai keinginan anda) file hasil ekstrakan tadi ke C:xampp/htdocs (tergantung anda menyimpan instalan xampp nya) dan jangan lupa pastikan XAMPP telah running.
v  2. Buka browser (mozilla atau sebagai nya) lalu ketik URL nya localhost/phpmyadmin tekan enter . Setelah itu pilih BATABASE dan buat database anda lalu create.
v  3. Setelah itu selesai langsung saat nya instalasi mambo dimulai, ketik di browser URL nya localhost/mambo (nama folder di htdocs harus sama dengan yang di ketikan di browser , jika anda telah mengubah nama folder nya maka tinggal di sesuaikan saja)

4. Halaman awal ini akan melakukan pengecekan terhadap persyaratan-persyaratan utama dan pelengkap untuk menjalankan mambo dengan baik.




 
Persyaratan utama yang harus dipenuhi web server anda adalah:
PHP version >= 4.3.0, versi yang lebih tua mungkin tidak bekerja untuk mambo
zlib compression support
XML support
MySQL support
Direktori dan file configuration harus bisa ditulis Session save path /tmp harus ada dan writeable
Pada bagian recomended settings, ada beberapa konfigurasi php yang harus sesuai. Walaupun bisa saja anda mengabaikan persyaratan ini, tetapi demi keamanan dan kenyamanan, sebaiknya anda melakukan perubahan agar sesuai permintaan mambo.
           Edit konfigurasi php di file php.ini pada direktori /opt/lampp/etc instalasi xampp anda atau c:\php di windows atau /etc/apache2 (atau /etc/httpd) jika anda menginstall manual di linux anda.
          Perhatikan juga persyaratan ijin direktori dan file-file. Jika ada direktori yang un-writable, rubah permissionnya menjadi writable.
Lakukan saja chmod -R 777 ke direktori instalasi mambo anda sebagai root :
chmod -R 777 /opt/lampp/htdocs/mambo
atau
chmod -R 777 /var/www/mambo

5. Jika semua persyaratan telah terpenuhi, klik saja tombol next di pojok kanan atas untuk melakukan persetujuan lisensi.

6. Tinggal beri centang dan lalu klik next.
7. Tahap ini adalah tahap sebenarnya pada empat tahap proses instalasi mambo. Pastikan anda sudah membuat databse beserta usernya. Jika belum, buat satu database menggunakan phpmyadmin.Atau tools mysql database di cpanel web hosting anda. Masukkan data konfigurasi database anda seperti:  nama database mysql username yang diberi privilege ke database mysql
password user mysql yang digunakan server mysql anda, umumnya alamatnya adalah localhost. database prefix, kata atau karakter awal untuk nama tabel-tabel database.
Ini bermanfaat tidak hanya sebagai pengenal, tetapi juga untuk menghindari overwrite jika anda menginstall pada database yang dibagi dengan CMS atau aplikasi lainnya.



Jangan lupa untuk mencentang tanda “Install sample data”, jika anda belum pernah menggunakan mambo dan ingin belajar dulu. Hilangkan centang untuk menginstall mambo dan mengelolanya dalam keadaan “perawan”.


8. Beri nama yang bagus. Misanya misi yang akan anda jalankan, seperti: Bechol Community Tutorial atau lainnya.
9. Pada tahap 3 ini, anda berkesempatan untuk mengganti password random yang dibuat mambo. Pada tahap ini juga anda bisa melakukan setting ijin file dan direktori instalasi mambo anda.


Jika tidak yakin atau ragu , biarkan saja pada setting default nya.

10. Selamat, anda sudah berhasil menginstall mambo. Saatnya anda mengakses situs baru anda. Klik tombol “View Site” untuk melihat instalasi mambo anda atau tombol “Administration” untuk login sebagai admin. Sebelumnya, anda harus menghapus atau mengganti nama direktori installation di direktori mambo anda.


Selanjutnya, mungkin anda perlu melakukan beberapa konfigurasi lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Golith Lie9ha