clicksor

Reviewmu.com

Reviewmu.com

Minggu, 13 Mei 2012

Cara Menginstal CMS Drupal di localhost

Setelah saya menjelaskan sedikit tentang CMS itu sendiri sekarang saya akan menjelaskan step by step menginstall CMS di localhost nya :


Cara Menginstal CMS Drupal
            Sebelumnya siapkan terlebih dahulu alat-alat pendukung nya seperti file drupal itu sendiri dan komputer anda telah terinstal XAMPP jika belum anda download file nya disini , berikut cara nya jika sudah terinstal XAMPP :
v  1. Pastikan file drupal nya sudah di ekstrak, lalu copy / cut (sesuai keinginan anda) file hasil ekstrakan tadi ke C:xampp/htdocs (tergantung anda menyimpan instalan xampp nya) dan jangan lupa pastikan XAMPP telah running.
v  2. Buka browser (mozilla atau sebagai nya) lalu ketik URL nya localhost/phpmyadmin tekan enter . Setelah itu pilih BATABASE dan buat database anda lalu create.
v  3. Setelah itu selesai langsung saat nya instalasi drupal dimulai, ketik di browser URL nya localhost/drupal (nama folder di htdocs harus sama dengan yang di ketikan di browser , jika anda telah mengubah nama folder nya maka tinggal di sesuaikan saja).


4. Kemudian kita akan diminta untuk input konfigurasi database, sebelum lebih lanjut pastikan bahwa kita telah mempunyai database MySQL dengan nama drupal jika belum tahu gimana cara membuat database MySql.
ok kita lanjut, dari form diatas inputkan data berikut:


v
- pilih mysqli
- Database name: drupal
- Database username: root
- Database password: (dikosongkan)
- Klik save and continue
5. Tunggu sebentar, proses database sedang berjalan.





v 
v  6. Kemudian muncul CONFIGURE SITE





Inputkan data yang diminta pada form konfigurasi website anda. Mulai dengan membuat account yang nantinya kan menjadi super admin. Account ini akan memiliki hak akses paling tinggi. username kita pilih superadmin dan sitename anda isi myweb dan juga jangan lupa isikan password dan mail sesuai keinginan Anda. klik Next
v  7. Selanjutnya akan muncul pesan bahwa proses instalasi selesai dilakukan. (Drupal installation compete).Namun, ada peringatan berwarna merah. Peringatan ini adalah hal wajar dikarenakan Anda menginstall drupal ke dalam localhost, localhost tidak terhubung dengan internet. Peringatan ini menjelaskan bahwa fungsi email tidak berjalan lalu mengakibatkan pengiriman email untuk account administrator gagal. Ini tidak menjadi soal, ketika situs Anda sudah online, fungsi email akan berjalan dengan baik. Anda bisa abaikan peringatan ini. Anda bisa perhatikan tulisan dibawahnya yang memberikan selamat, bahwa Drupal sudah berhasil diinstall. Silakan menuju halaman situs Anda dengan meng-klik link your new site.

v  8.Klik visit new siteSelamat datang di situs drupal Anda yang baru. Anda otomatis sudah login sebagai admin, sesuai dengan nama user administrator yang tadi Anda masukkan.

v  9. Finish.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Golith Lie9ha